Adrianus Meliala

Mejuahjuah.id – Andrianus Meliala yang bernama lengkap Adrianus Eliasta Meliala (lahir di Sungai Liat, Kepulauan Bangka Belitung, 28 September 1966) adalah seorang pakar di bidang kriminologi  dan kepolisian, serta tercatat sebagai dosen di Departemen Kriminologi Universitas Indonesia (UI). Selain aktif sebagai pengajar, Andrianus juga dikenal sebagai penulis dan peneliti yang berhubungan dengan masalah-masalah kriminologi, terutama yang berkaitan dengan polisi dan kejahatan trans nasional.

Meraih gelar Sarjana Kriminologi dari Universitas Indonesia (UI), Master Psikologi Sosial dari UI, Master Psikologi Kriminal dari The Manchester Metropolitan University dengan beasiswa British Chevening, serta Doktor Kriminologi dari University of Queensland dengan beasiswa Australian Awards Scholarship, Adrianus melengkapi prestasi gemilang di bidang akademik dengan status guru besar di usia 34 tahun. 

Sederet penghargaan memang berulangkali mampir ke Suami Rosari Ginting ini. Diantaranya dosen terbaik PTIK 2001-2006, Dosen terproduktif Departemen Kriminologi Fisip UI 2004, Australian Alumni Award Winner 2010, Winner of MFAT New Zealand Awards 2006, dan Winner of European Union Visitor Awards 2006. 

Soal karir di luar akademik, Adrianus tercatat pernah menjadi Chief of Cluster of Justice and Security Partnership for Governance Reform in Indonesia UNDP, Penasehat Ahli Kapolri, dan Anggota Kompolnas. Di bidang organisasi, alumni LEMHANAS angkatan 2011 ini juga aktif di Asosiasi Psikologi Forensik, Asosiasi Ilmu Forensik Indonesia.

Baca Juga  Malem Sambat Kaban

Riwayat Pendidikan

  • Criminology, S3, University of Queensland Australia (1998-2004)
  • Legal and Criminological, Manchester Metropolitan University Inggris (1994-1995)
  • Psikologi Sosial, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (1991-1994)
  • Kriminologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (1985-1990)
  • SMA Perguruan Katolik Bunda Hati Kudus, Grogol, Jakarta Barat
  • SMP Perguruan Katolik Bunda Hati Kudus, Grogol, Jakarta Barat
  • SD Perguruan Katolik Bunda Hati Kudus, Grogol, Jakarta Barat

Disadur dari berbagai sumber.

© Mejuahjuah.id /CATATAN : Setiap konten di website Mejuahjuah.id memiliki hak cipta. Jika ingin mengutip sebagian ataupun seluruh isi dari setiap artikel dalam website ini harap menghubungi kami atau memberikan asal sumber kutipan dari Mejuahjuah.id.

Leave a Reply