Budayawan Karo

Budayawan Karo Mejuahjuah.id I Ensiklopedia Karo

Budayawan menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah orang yg berkecimpung dl kebudayaan, ahli budaya. Budayawan Karo disini bisa disimpulkan dari sepak-terjangnya dalam memperjuangkan kebudayaan Karo baik itu berupa karya tulis, buku, acara-acara, maupun tempat bertanya tentang kebudayaan Karo.

Beberapa nama yang layak menorehkan gelar Budayawan Karo adalah Pdt Meint Joustra dan Pdt JH. Neumaan yang telah melahirkan banyak buku dan karya tulis tentang Karo Tempo Doeloe termasuk menterjemahkan Alkitab kedalam bahasa Karo, juga karya mereka terhadap cerita rakyat dan asal usul Karo. Mereka adalah Misionaris yang datang di era awal abang 20.

Budayawan asli Karo yang telah menorehkan sejarah untuk perkembangan dan pelestarian budaya Karo adalah Masri Singarimbun, Hendry Guntur Tarigan,Tridah Bangun, abang beradik Darwan & Darwin Prinst (Perangin-angin Sukatendel), Kongsi Brahmana yang lebih dikenal Brahma Putro, Adrianus Sitepu, Roberto Bangun, Bujur Sitepu, Payung Bangun dan Sempa Sitepu. Dari GBKP ada juga budayawan dari kalangan rohaniawan yaitu Pdt. Sadakata Ginting.

 Untuk generasi yang lebih muda ada Juara Ginting seorang Antropolog Karo yang tinggal di Belanda. Yang paling muda adalah Joey Bangun seorang seniman pertunjukan dan penulis yang banyak melahirkan banyak karya-karya tentang Karo.

© Mejuahjuah.id /CATATAN : Setiap konten di website Mejuahjuah.id memiliki hak cipta. Jika ingin mengutip sebagian ataupun seluruh isi dari setiap artikel dalam website ini harap menghubungi kami atau memberikan asal sumber kutipan dari Mejuahjuah.id.
Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *