Buku : Percikan Budaya Karo

Buku : Percikan Budaya Karo Mejuahjuah.id I Ensiklopedia Karo

Mejuahjuah.id – Dalam buku ini dihimpun sejumlah karangan singkat mengenai budaya Karo. Dari judul ”Percikan Budaya Karo” telah tercermin bahwa isinya bukanlah satu kesatuan yang utuh dan padu, tetapi merupakan percikan belaka. Penulis mengakui bahwa percikan tidaklah dapat memuaskan benar-benar, namun tidak pula dapat dipungkiri akan kemungkinannya memberi kesejukan dan kesegaran, bahkan sebagai penawar dahaga kala berada di bawah terik mentari.

Bahwa dalam buku ini terdapat banyak kekurangan, sejak semula telah disadari oleh penulis, dan hal itu tidak perlu ditutup-tutupi. Karangan-karangan singkat yang terhimpun di sini disajikan dengan segala kekurangannya sebagai bahan perangsang bagi para peminat dan para ahli  terlebih-lebih putra-putri Karo untuk menggali serta menelitinya secara lebih mendalam dan memuaskan.

Filsuf Yunani Kuno Herakleitas pernah mengatakan bahwa ‘segala sesuatu itu ”panta rei”, selalu berubah dan mengalir, tiada yang tetap. Begitu pun halnya dengan masyarakat dan budaya Karo.  Kemajuan masyarakat Karo  yang menghuni sebuah kabupaten dengan penduduk sekitaar 400.000 jiwa sungguh sangat pesat. Di satu pihak kemajuan tersebut memang sangat menggembirakan, sedang di pihak lain mencemaskan.

Para orang tua sangat gembira akan kemajuan yang diperoleh putra-putrinya terIebih-lebih dalam bidang pendidikan, tetapi cemas karena adanya kecenderungan bagi putra-putri mereka lupa atau kurang paham lagi pada adat istiadat harta pusaka peninggalan leluhur. Hal ini memang dapat dimengerti.

Andaikata sumbangan yang sekelumit ini dapat menyadarkan para putra-putri “merga si lima”, serta mengurangi kecemasan hati orang tua akan hal-hal yang tersebut di atas, penulis metasa syukur karena tujuan penulis telah tercapai.

Penerbit : Yayasan Merga Silima

Penulis : Prof Dr. Henry Guntur Tarigan

Tahun : 1990

—————————————

© Mejuahjuah.id /CATATAN : Setiap konten di website Mejuahjuah.id memiliki hak cipta. Jika ingin mengutip sebagian ataupun seluruh isi dari setiap artikel dalam website ini harap menghubungi kami atau memberikan asal sumber kutipan dari Mejuahjuah.id.
Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *