24/10/2020
Muncang Mejuahjuah.id I Ensiklopedia Karo

Ilustrasi Guru (Foto : Istimewa)

Muncang

Mejuahjuah.id – Muncang adalah kegiatan mengusir roh jahat. Ada 2 macam Muncang yaitu muncang rumah dan muncang kuta (kampung). Muncang rumah diprakarsai oleh pemilik rumah, sedangkan muncang kuta diprakarsai warga kampung.

Muncang dilakukan oleh karena ada hal-hal yang dianggap aneh dan tidak semestinya. Misalnya dirumah adat (delapan keluarga) sering terjadi percekcokan.  Sering penghuninya sakit-sakitan. Sama halnya dengan kampung dimana terdapat pertikaian, banyak mung meninggal dan terdapat penyakit aneh, maka diadakan acara Muncang.

Biasanya Muncang dilakukan dengan memakai dukun, dipukul gendang. Dukun menari sambil mengacung-acungkan Tungkat Malaikal atau pisau panjang, melihat kesana kemari dan akhirnya menuju suatu tempat kemudian berhenti. Tungkat tersebut ditusuk-tusukannya di tempat itu, kemudian menari-nari disaksikan oleh warga kampung. Ya  mati kau ……mati, katanya seraya menusukkan tungkatnya. Menurutnya di tempat itulah berrnukim roh jahat dan setelah itu roh tersebut pergi ke tempat lain. Maka warga kampung tidak Iagi mengalami seperti sebelumnya.

*) Diangkat dari Buku Pilar Budaya Karo (Sempa Sitepu, Bujur Sitepu, AG. Sitepu)

——————————————

© Mejuahjuah.id /CATATAN : Setiap konten di website Mejuahjuah.id memiliki hak cipta. Jika ingin mengutip sebagian ataupun seluruh isi dari setiap artikel dalam website ini harap menghubungi kami atau memberikan asal sumber kutipan dari Mejuahjuah.id.
Bagikan