Rumah Adat Karo di desa Kabung

Mejuahjuah.id – Desa Kabung kecamatan Barus Jahe tinggal menyisakan satu Rumah Adat Karo sebagai warisan peradaban Karo yang pernah ada di desa itu. Menurut penduduk setempat, dulu ada 2 rumah adat yang tertinggal, namun satu lagi sudah dibeli dan dipindahkan. Yang tersisa tinggal rumah adat yang terletak di tengah kesain kuta, tepatnya disebelah Losd.

Namun rumah adat ini pun terlihat memprihatikan. Tidak ada lagi ture (teras) dan redan (tangga) yang terlihat. Atap ijuknya pun sedikit demi sedikit mulai hancur. Menurut penduduk setempat rumah ini dibangun era tahun 40an dengan gotong royong masyarakat dari desa lain.

Saat ini rumah adat Karo tersebut tidak ada lagi yang menempati. Bahkan dibiarkan begitu saja. Biaya perawatannya tidak lagi sanggup ditanggung anak-anak kuta. Jika ini dibiarkan mungkin beberapa tahun ke depan, Rumah Adat Karo di desa Kabung ini sudah tidak ada lagi.

© Mejuahjuah.id /CATATAN : Setiap konten di website Mejuahjuah.id memiliki hak cipta. Jika ingin mengutip sebagian ataupun seluruh isi dari setiap artikel dalam website ini harap menghubungi kami atau memberikan asal sumber kutipan dari Mejuahjuah.id.

Leave a Reply