Tutu-Tutu Mejuahjuah.id I Ensiklopedia Karo

Mejuahjuah.id – TUTU-TUTU

Bahan : Bahan tutu-tutu terdiri dari kuningan, besi beton ukuran garis menengah 5 mm, mbalo (semen), kayu patri. Bahan kuningan dibuat untuk lesung dan untuk hulu/ kepala tangkai tutu-tutu, besi beton dibuat untuk tangkai (alu) tutu-tutu yang bagian bawahnya dibuat mirip dengan pahat. Mbalo (semen) digunakan untuk mengisi kepala tutu-tutu supaya tangkai tutu-tutu tidak goyang. Patri digunakan untuk sebagai lem. Kayu digunakan untuk alas lesung tutu-tutu.

Ukuran : Tinggi tutu-tutu beserta dengan alunya kira-kira 15 cm. Garis menengah lesung bagian atas kira-kira 3 cm. bagian bawah kira-kira 2,5 cm.

Ukiran : Bagian atas dan bawah lesung dibuat sebagai hiasan dawa-dawa pantik.

Gunanya : Untuk menumbuk sirih. Tutu-tutu ini pada umumnya dipergunakan oleh orang tua pemakan sirih yang telah lanjut usia baik laki-laki maupun perempuan.

*) Diangkat dari buku Mengenal Seni Kerajinan Tradisional Karo karya AG. Sitepu.

———————————————

© Mejuahjuah.id /CATATAN : Setiap konten di website Mejuahjuah.id memiliki hak cipta. Jika ingin mengutip sebagian ataupun seluruh isi dari setiap artikel dalam website ini harap menghubungi kami atau memberikan asal sumber kutipan dari Mejuahjuah.id.
Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *